Persiapan Ternak Kurban, Harga Sapi Lokal Mulai Naik 1 – 2 Juta Per Ekor Di Beberapa Pasar Hewan

Loading...

Pergerakan harga sapi lokal di pasar ternak secara umum memang sangat terpengaruh dengan berbegai moment hari besar Islam, meskipun hal ini tidak mutlak menyebabkan kenaikkan harga. Seperti pada moment jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini ternyata harga sapi tidak terlalu terpengaruh atau naik dengan signifikan bahkan cenderung stabil atau tetap.

Setelah moment lebaran idul fitri berlalu biasanya harga sapi akan cenderung tetap dan akan merangkak naik saat para pedagang hewan kurban (sapi kurban) mulai mengumpulkan stok sapi kurban untuk dijual saat hari raya. Dan ternyata mulai minggu ini, beberapa pasar hewan sudah mulai banyak kedatangan “tamu” para pengepul maupun pengirim sapi kurban yang biasanya dipasarkan disekitar Jabodetabek.

Mulai munculnya para pedagang musiman ini setidaknya menjadi berkah bagi pedagang sapi maupun peternak yang kebetulan memiliki ternak sapi yang siap dijual pada bulan-bulan menjelang hari raya kurban ini. Peternak yang memiliki sapi lokal dengan ukuran kecil yaitu dengan bobot antara 250 – 350 kg menjadi incaran pada pedagang hewan kurban. Kondisi ini menyebabkan harga sapi lokal dengan ukuran bobot tersebut langsung naik dengan signifikan.

Berdasarkan informasi dari seorang blantik yang biasa beroperasi di pasaran Lumajang dan Probolinggo yaitu Bp M. Sahri, pada minggu-minggu awal Juli 2017 ini harga sapi dengan ukuran kecil mulai naik harganya dengan signifikan. Harga sapi ukuran ini naik antara 1 juta hingga 1, 5 juta rupiah sehingga sapi-sapi yang tadinya dibanderol dengan harga Rp 14 – 16 jutaan saat ini harga yang ditawarkan sudah mencapai Rp 15 – 17,5 juta.

loading...

Kenaikkan harga pada sapi ukuran ringan ini sedikit mempengaruhi harga sapi siap potong tetapi tidak terlalu signifikan kenaikkan pada sapi besar atau siap potong. Sapi dengan berat 500 – 700 kg masih memiliki harga yang relatif stabil.

Senada dengan M Sahri, seorang jagal yang biasa beroperasi di pasar hewan Jombang, Bojonegoro, Kediri dan sekitarnya yaitu Bp M Amin juga mengutarakan hal yang sama. Dalam minggu ini untuk harga sapi-sapi spek kurban dengan berat 300 an kg harga mulai naik 1 – 2 juta per ekor. Harga sapi ukuran besar siap potong juga mulai naik mengikuti trend harga sapi-sapi spek kurban. Bahkan sapi-sapi betina afkir yang tadinya berharga sangat miring sekarang mulai naik pula harganya. Dan kondisi ini diperkirakan akan terus berlangsung sampai menjelang hari raya Idul Adha.

Untuk situasi harga sapi lokal di sekitar pasar daerah Yogya dan Sekitarnya serta beberapa pasar hewan di Jawa Tengah juga mengalami hal yang sama. Sapi-sapi dengan spek kurban di beberapa pasar hewan di Jateng dan DIY juga mulai menunjukkan kenaikkan harga antara 1 – 2 juta per ekor.

Berikut informasi harga sapi lokal dibeberapa pasar hewan yang dikonversi berdasarkan harga per kg berat hidup:

  • Harga sapi lokal siap potong dengan berat 500 – 600 an kg antara Rp 43.000 – Rp 45.000/kg
  • Harga sapi lokal spek kurban jenis Limousin dan Simental serta sapi PO antara Rp 47.000 – 49.000/kg
  • Harga sapi kurban jenis sapi Madura berkisar antara Rp 50.000 – Rp 60.000/kg

Catatan: makin kecil berat sapi kurban biasanya harga per kg nya akan semakin mahal.

Untuk sapi yang menjadi idola atau yang paling banyak akan dicari pedagang untuk persiapan hari raya kurban tahun ini diperkirakan masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu sapi dengan berat kecil antara 250 – 350 kg. Sedangkan sebagian kecil akan mencari sapi super Jumbo dengan berat diatas 1 ton yang biasanya dikurbankan oleh para pejabat atau tokoh masyarakat.



loading...

Baca Juga: VIDEO BUGIL DAFTAR ARTIS INDONESIA

Powered by keepvid themefull earn money