PENYEBAB MOTOR OLENG SENDIRI KETIKA DIKENDARAI

loading...
ban-oleng

Penyebab Motor Oleng Sendiri Pernah ketika mengendarai motor tiba-tiba motor terasa oleng sendiri. Motor oleng sendiri sangat terasa jika dipakai dijalan yang kurang baik. Tetapi motor juga bisa oleng sendiri di jalanan yang mulus jika sudah parah kondisinya. Tentunya motor menjadi tidak nyaman untuk dikendarai. Berikut ini penyebab motor oleng sendiri beserta cara menanggulanginya:

1. Periksa Karet Bantalan Shockbreaker Belakang. Jika karet sudah tidak solid lagi (tidak rapat) dan bisa digoyangkan berarti sudah saatnya ganti. Belilah karet bantalan yang asli karena ukurannya pas dan akan rapat. Pasanglah dan periksa apakah sudah tidak goyang lagi atau tidak. Jika masih belum rapat bisa dilakukan penambahan karet bekas ban dipotong kemudian dimasukkan untuk menambah kekuatan bantalan.

Periksa Karet Bantalan Shock

2. Periksa pelek roda apakah ada bagian yang bengkong. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menyetandar 2. Kemudian putar ban dan lihat gerakan roda. Jika ada bagian yang goyang berarti pelek ada yang bengkok. Bawalah ke tukang setel roda. Biayanya cukup terjangkau antara 20-30ribu.

pelek roda
Periksa pelek roda

3. Periksa bagian ban apakah ada benjolan atau ada bagian yang tidak rata terutama dibagian sisi-sisinya. Bagian yang tidak rata ini biasanya yang membuat ban menjadi bisa oleng sendiri.

ban benjol
Ban Benjol dan tidak rata

4. Periksa laher (bearing) roda apakah ada bantalan peluru (gotri) yang pecah. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menggoyangkan ban kekiri kekanan. jika ban kocak berarti ada gotri yang pecah. Sebaiknya langsung diganti saja. Harga laher juga sangat terjangkau kok.

bearing roda
Periksa laher bearing roda

5. Periksa komstir yang ada di sumbu dengan segitiga ban depan. Tanda laher komstir kocak sangat terasa jika dipakai di jalan yang tidak rata. Stang terasa ada bagian yang berbunyi “deg”. Komstir ini biasanya sangat jarang rusak, rusak biasanya karena faktor umur. Sebaiknya diganti dan usahakan membeli sparepart yang ori karena ini sangat penting dan bisa bertahan lama.

komstir rusak
Laher komstir berkarat dan pecah

6. Periksa segitiga roda depan apakah bagian kiri dan kanan sejajar atau tidak. Jika tidak sejajar bawa ke tukang press body  untuk mensejajarkannya lagi.

segitiga roda
Segitiga harus sejajar kanan kiri

Itu tadi penyebab motor oleng sendiri. Lakukan pengecekan secara rutin bagian kaki-kaki supaya ban tidak oleng sendiri. Kenyamanan berkendara kan milik sobat biker semua.

Baca Juga MAKAN PELUKAN PASANGAN/ KEKASIH | MENJADI ORNG MENYENAGKAN



loading...

Baca Juga: VIDEO BUGIL DAFTAR ARTIS INDONESIA