Waspada Beras Terbuat Dari Plastik Sudah Beredar di Indonesia

Loading...

mengerikan-beras-plastik-sudah-beredar-di-indonesia Saat ini bukan hanya makanan cepat saji saja yang perlu diperhatikan tetapi makanan pokok seperti beras pun juga perlu diperhatikan, karena sudah mulai bermunculan beras palsu yang katanya terbuat dari plastik.

Kejadian ini sudah dialami sendiri oleh warga Bekasi, Jawa Barat, Dewi Setiani. Dewi merasa resah ketika ia membeli beras pada minggu lalu. Sebab, beras yang dibelinya tersebut tidak sama seperti beras yang biasa ia beli, mulai dari bentuk, rasa dan sebagainya.

Dewi mengaku membeli beras di Pasar Mutiara Gading Timur, Bekasi untuk diolah menadi nasi uduk. Namun, setelah dimasak beras tersebut berbentuk tidak seperti beras biasanya. Saat dirasa beras tersebut terasa seperti plastik, bukan seperti beras.

“Kemarin saya beli beras di pasar. Seperti biasa saya membeli beras ini kiloan dengan harga Rp 8000 per kilo. Tapi saat saya beli ini engga seperti beras yang saya konsumsi sebelumnya,” terang Dewi, seperti dilansir Merdeka.com.

Dewi menduga jika beras tersebut terbuat dari plastik, karena bentuk beras tersebut saat dimasak sangat berbeda dengan bentuk beras lainnya saat dimasak.

“Berasnya jadi aneh dan rasanya juga enggak kayak nasi pada umumnya. Lebih terasa kayak plastik, karena sintesisnya berasa banget,” ujar Dewi.

Dewi mengaku ia tidak jadi menjual nasi uduk saat itu, karena beras yang dibelinya tidak sesuai yang diinginkannya. Namun, Dewi enggan menukarnya karena menurutnya hasilnya juga akan sama.

Kamu perlu mulai mewaspadai hal ini, karena beras yang terbuat dari plastik ini sudah mulai beredar di Indonesia.

Mengapa kita harus paham perbedaan di antara keduanya? Apa bahaya beras plastik? Ya jelas, harus. Karena beras itu membahayakan kesehatan dan juga membuat pengonsumsinya sakit perut. Sebagaimana pengakuan Dewi, seorang penjual nasi uduk dan bubur, warga Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan Mustika, Bekasi. Ia beberapa hari yang lalu menemukan keganjilan dengan beras yang dimasaknya. Konsumen mengeluh sakit perut dan pusing setelah makan nasi masakannya. Dia mengaku membeli beras itu seharga Rp 8000/kg dari pedagang beras langganannya.

loading...

Berikut ini cara membedakan beras plastik atau beras sintetis dengan beras asli. Ada 6 (enam) ciri-ciri umum beras sintetis atau beras plastik yang kasat mata sehinggga masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam membeli beras:

1. Bila dimasak dijadikan bubur, beras plastik akan tetap berbentuk butiran dan seperti belum matang.

Nasi normal jika diolah menjadi bubur biasanya akan mengental dan menyatu ketika kondisinya sudah dingin. Tapi bubur dari beras plastik, setelah dingin akan berbentuk buliran dan seperti belum matang. Kelihatannya encer tapi butirannya tetap terlihat.

2. Saat ditanak, beras plastik mengeluarkan air.

Beras yang asli akan menyerap air supaya berasnya bisa mengembang. Tapi beras plastik malah mengeluarkan banyak air. Beras asli menjadi nasi yang empuk dan pulen karena ia menyerap air, tapi beras plastik malah akan mengeluarkan banyak air. Hal ini dimungkinkan karena plastik sebagai unsur pembuatnya meleleh.

3. Beras plastik rasanya getir dan aneh.

Nasi dari beras asli ada aroma wangi, ada rasa sedikit manis dan dimakan bikin perut kenyang. Nasi dari beras plastik rasanya di lidah aneh dan tentu saja tawar.

4. Penampilan fisik.

Beras plastik polos dan bening, sedangkan beras asli terlihat warna putih susu di tengah-tengahnya. Kita harus hati-hati, warna bening polos bukan berarti berasnya bersih.

beda beras plastik dan beras asli

5. Ketika dicampur dan dimasak, posisi air akan berada di atas nasi. Bukannya malah menyatu.

Pada saat masak bubur, nasi akan mengendap di bawah dan airnya di atas. Seharusnya, beras palsu akan menyatu dengan air atau mengapung di permukaan jika jumlah air lebih banyak.

6. Selain dikenali dari warnanya, beras plastik juga dikenali dari teksturnya.

Beras asli punya guratan, tidak halus, bahkan kadang bocel-bocel/rusak. Sedangkan beras plastik memiliki tekstur halus sempurna saja. Jadi jangan terkecoh dengan penampakan halus beras, bersih putih, dan bentuk yang rata, karena ternyata palsu alias beras sintetis.



loading...

Baca Juga: VIDEO BUGIL DAFTAR ARTIS INDONESIA

Powered by keepvid themefull earn money