Loading...

5482491159c45_54824911761be

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang paling banyak digemari oleh orang-orang. Rasanya yang enak, gurih dan tampilannya yang menggugah selera membuat banyak orang tergoda untuk terus mengonsumsinya.

Selain itu, mie instan termasuk makanan yang tahan lama, sehingga bisa disimpan sebagai makanan cadangan. Ditambah lagi dengan harganya yang sangat terjangkau membuat banyak orang lebih memilih mie instan untuk menghemat biaya saat sedang bokek. Makanan ini juga sangat cocok untuk anak-anak kost-kostan yang jauh dari keluarganya, dan orang-orang yang gak punya waktu untuk memasak.

Makan mie instan memang sudah diketahui sangat berbahaya, tapi lebih berbahaya jika makan mie instan bersama dengan sisa air rebusannya, khususya pada mie yang berkuah.

Salah satu bahaya mengonsumsim mie instan bersama air sisa rebusannya adalah pada kandungan bahan pengawetnya atau mungkin penyedap rasa yang ada pada mie instan yang apabila dikonsumsi terlalu lama akan banyak menimbulkan dampak negative bagi tubuh kita.

Baca Juga :  Kebiasaan Ini Bisa Membuat Pria Impotensi

Air sisa rebusan mie instan jug mengandung banyak pengawetnya, dan juga mengandung minyak yang fungsinya tidak lain untuk menggantikan minyak yang biasa kita gunakan ketika menggoreng makanan pada umumnya. Apa lagi jika dikonsumsi secara berlebihan pasti akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut ini ada tips baik cara memasak mie instan yang sehat dari beberapa ahli seperti dilansir Pulsk.com.

1. Jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan

loading...

Mie instan mengandung banyak bahan pengawet dan pewarna yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, kamu masih boleh mengonsumsinya dengan syarat jangan terlalu sering mengonsumsinya. Kandungan bahan pengawet dan pewarna dalam mie instan membutuhkan waktu selama 4 hari untuk dicerna oleh tubuh dan mengeluarkan bahan pengawetnya dari sistem sekresi manusia. Oleh karena itu, cara yang baik mengonsumsi mie instan dengan durasi 4-5 hari sekali. Bisa juga lebih dari itu maka akan lebih baik untuk kesehatan kamu.

Baca Juga :  6 Jenis Cairan Vagina Wanita Yang Perlu Kamu Tahu

2. Rebus Mie Instan Minimal 2 Kali, Jangan Konsumsi Air Rebusan Pertama

Jika kamu memasak mie instan goreng, kamu bisa memasaknya lalu meniriskan air rebusannya kemudian bilas dengan air matang lainnya. Jika kamu memasak mie instan kuah, kamu bisa membuang air sisa rebusan pertama dan menggantinya dengan air matang lainnya.

3. Kalau memungkinkan, ganti bumbu bawaan mie dengan bumbu dapur

Bumbu-bumbu mie instan juga mengandung banyak bahan pengawet yang berbahaya. Oleh sebab itu sebaiknya kamu mengganti bumbu mie instan dengan bumbu dapur seperti garam, merica, bawang putih dan minyak sayur agar bahan pengawet yang masuk ke dalam tubuh dapat diminimalisir.

Baca Juga :  Gejala Gairah Seks Rendah Pada Pria

4. Terapkan Prinsip Bergizi, Beragam, dan Berimbang

Jika ingin menambah gizi didalam saat makan mie instan, kamu bisa memasaknya dengan mencampurkan beberapa sayuran, telur, tahu, tempe, dan lainnya. Tapi jangan memasak campuran tersebut bersama dengan mie nya ya, itu sama saja akan menyebabkan bahan pengawet dalam mie akan tercampur ke dalam sayuran.

5. Waspada saat membeli, cermati kemasan

Kamu harus waspada saat membeli mie instan. Pastikan kemasan mie instan yang kamu beli dalam keadaan baik dan tidak sobek. Karena jika sobek maka itu memungkinkan telah terjadi kontaminasi bakteri.

Nah, itulah dia ke lima cara memasak mie yang sehat dari beberapa ahli.



Loading...

Baca Juga: VIDEO BUGIL DAFTAR ARTIS INDONESIA